Tuesday, 3 November 2015

Tips untuk Menghemat Biaya Pernikahan



Tips untuk Menghemat Biaya Pernikahan


Hampir setiap orang didalam hidupnya memiliki keinginan untuk melaksanakan resepsi pernikahan sesuai yang mereka inginkan. Dimana melalui prosesi pernikahan seorang pasangan akan belajar untuk hidup bersama dan membangun rumah tangga berdua. Namun, banyak juga orang yang takut jika resepsi pernikahan yang dilaksanakan tidak sesuai dengan harapan dimana alasan utamanya masalah biaya. Biaya bukanlah satu-satunya alasan untuk anda takut melaksanakan acara pernikahan. Banyak cara yang dilakukan agar bisa melaksanakan pernikahan yang irit biaya. Berikut ini diulas beberapa tips untukmenghemat biaya pernikahan agar anda tidak perlu lagi was-was.

1.        Memanfaatkan Kerabat atau Diri Anda Sendiri


Anda bisa menghemat biaya pernikahan dengan memanfaatkan kemampuan kerabat terdekat atau diri anda sendiri. Seperti contoh dalam urusan fotografi, saat ini banyak orang yang memiliki kamera digital DSLR sendiri, nah jika dari salah satu teman, keluarga atau bahkan anda sendiri yang memiliki kamera dan hobi di bidang fotografi, anda bisa meminta bantuan kepada mereka daripada anda menyewa seorang fotografer profesional. Jika anda tidak punya kerabat yang bisa membantu anda untuk urusan fotografi, maka kami dari Bali rias Pengantin siap membantu anda untuk mengabadikan moment spesial anda. Krena kami menyediakan jasa foto prewedding, wedding maupun post wedding, tentunya dengan harga yang sangat bersahabat.

2.        Sewa Barang yang Benar-Benar dibutuhkan


Untuk menghemat biaya dalam urusan pendekorasian acara pernikahan, pastikan anda perlu mempertimbangkan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan dalam acara. Sebagian besar barang yang akan digunakan untuk dekorasi tidak akan digunakan lagi jika acara telah selesai. Contohnya seperti rangkaian bunga dan gorden besar. Tanyakan kepada bagian dekorator anda, apakah mereka memiliki opsi untuk menyewa barang-barang seperti ini daripada anda harus membelinya.

3.        Pilihlah Tempat dan Waktu Pernikahan yang Tepat



Sebagian orang lebih banyak memilih melaksanakan acara pernikahan di sebuah gedung, hal ini untuk dapat menimalisir anggaran biaya dekorasi daripada dilakukan di rumah sendiri. Hal ini memang benar, namun apabila anda tidak jeli dalam memilih tempat ataupun waktu pelaksanaan mungkin biaya yang anda keluarkan lebih besar. Salah satu tipsnya agar hemat, carilah waktu atau bulan dimana orang-orang jarang melaksanakan acara resepsi pernikahan. Anda juga bisa memilih gedung untuk melakukan acara pada siang hari saja, karena biasanya pada malam hari biaya sewa gedung lebih mahal.



4.        Dalam Urusan Pakaian Seragam, Sebaiknya Anda Menyewa Saja


Biasanya dalam acara pernikahan, umumnya keluarga dari mempelai pria dan wanita menggunakan baju seragam agar terlihat lebih menarik. Untuk mendapatkan baju seragam ini anda tidak perlu memesan kepada tukang jahit untuk membuatnya. Saat ini banyak wedding organizer yang telah menyediakan baju seragam sewaan untuk pernikahan. Dengan menyewa anda bisa menghemat biaya hingga 70% daripada harus memesan atau membeli. Bali Rias Pengantin juga menyedeiakan jasa sewa pakaian pengantin baik itu pakaian tradisional maupun pakaian modern style

5.        Untuk Urusan Makanan Selama Resepsi, Manfaatkan Jasa Katering

Dalam urusan makanan selama acara pernikahan agar lebih hemat anda bisa memanfaatkan jasa katering yang sederhana daripada anda harus memasak sendiri. Selain itu ada keuntungan dimana anda tidak perlu repot-repot menyewa dan menyediakan piring ataupun tempat makanan. Karena umumnya pihak katering sudah menyediakan sendiri tempat makanan dalam paket pemesanan makanannya. Menggunakan jasa katering anda juga dapat memperkirakan makanan yang dipesan berdasarkan undangan yang telah anda sebar.


6.        Gunakan Undangan yang Sederhana dan Undang Kerabat Ataupun Teman Dekat Saja


Undangan pernikahan walaupun terlihat sepele namun jangan salah, biaya undangan bisa banyak memakan biaya apabila didesain dengan bentuk ataupun ukuran yang tebal. Sebaiknya gunakan undangan yang murah meriah saja dan hemat biaya, selain itu undanglah hanya orang-orang yang benar-benar dekat dengan anda ataupun kerabat dari keluarga anda, sehingga dapat menghemat biaya lainnya, seperti katering dan tempat, apabila anda menggunakan tempat pernikahan yang terbatas.

Itulah beberapa tips untuk menghemat biayapernikahan dan semoga dapat menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin merencanakan acara pernikahan dalam waktu dekat.

No comments:

Post a Comment